Garudafood Resmikan PLTS Atap untuk Transisi Energi Bersih

kos

 


CIMANGGUNG - Garudafood Putra Putri Jaya Tbk (Garudafood) telah meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap di Pabrik Garudafood Sumedang, Jawa Barat. Dengan kapasitas 810-kilowatt peak (kWp), instalasi ini memungkinkan pengurangan emisi sebanyak 1000-ton karbondioksida (CO2) per tahun atau setara dengan penanaman 114.000 pohon. Langkah ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam mencapai target transisi energi baru dan terbarukan (EBT) serta mengurangi dampak perubahan iklim. Kamis

18 Januari 2024.


Presiden Direktur Garudafood, Hardianto Atmadja, menekankan komitmen perusahaan untuk mengadopsi teknologi dan inovasi ramah lingkungan. PLTS Atap di Sumedang mampu memproduksi lebih dari 1.200-megawatt hour (MWh), menyokong kegiatan operasional perusahaan serta upaya pengurangan jejak karbon dan dampak lingkungan negatif lainnya.


Peresmian PLTS Atap ditandai dengan penekanan layar videotron oleh Hardianto Atmadja, didampingi Direksi Garudafood Fransiskus Johny Soegiarto, Basuki Nur Rohman, Telly Steven Saidito, dan Audwin Purwadi Direktur Utama PT Aruna Cahaya Pratama (ARUNA), perusahaan pengembang PLTS.


Audwin Purwadi, Direktur Utama ARUNA, menyatakan kebanggaannya atas sinergi dengan Garudafood, menjadikan kemitraan ini langkah menuju visi bersama menciptakan lingkungan bisnis berkelanjutan dan ramah lingkungan.


Talkshow "Gaya Hidup Berkelanjutan" menyusul peresmian, melibatkan berbagai sudut pandang dari industri, akademisi, hingga generasi muda. Prof. Tri Basuki Joewono Ph.D, Rektor Universitas Katolik Parahyangan Bandung, menyatakan dukungan UNPAR terhadap inovasi keberlanjutan.


Garudafood berencana melakukan penetrasi instalasi PLTS Atap di wilayah operasionalnya di Pati Jawa Tengah, Gresik Jawa Timur, dan Kantor Pusat Jakarta dalam 2024. Total potensi energi surya dari seluruh PLTS Garudafood diperkirakan mencapai lebih dari 2.400 kWP, mengurangi emisi karbon sebanyak 3.000-ton CO2 per tahunnya.


Perusahaan ini memastikan pemasangan PLTS Atap sebagai komitmen untuk mengakselerasi transisi energi bersih dan ramah lingkungan. Garudafood, yang merupakan salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di Indonesia, fokus pada prinsip berkeadilan, berkelanjutan, dan berwawasan lingkungan dalam menghadapi tantangan perubahan iklim. (red**)