FLS2N: Ajang Kreasi Seni dan Prestasi Siswa

kos

 



KBT NEWS ID CIMANGGUNG - Suasana penuh antusiasme memenuhi SDN Bangkir, Kecamatan Cimanggung, saat puluhan siswa-siswi dari seluruh kecamatan turut serta dalam Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat SD tahun 2024 pada Sabtu (9/3/2024). Acara yang diadakan bertujuan untuk menggali bakat dan potensi seni budaya siswa-siswi sekolah dasar itu disambut dengan semangat tinggi oleh para peserta.


Ketua PGRI Kecamatan Cimanggung, Asep Tatang, dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara ini adalah kesempatan bagi siswa-siswi untuk mengaktualisasikan diri dan berkompetisi secara sehat. Jika berhasil lolos dalam seleksi, mereka akan mewakili sekolah dalam lomba tingkat kabupaten, yang diikuti oleh berbagai sekolah dasar di wilayah tersebut.


Wakil K3S Kabupaten Sumedang sekaligus Ketua K3S Kecamatan Cimanggung, D Suhardin S.Pd, berharap bahwa pentas seni ini akan menghasilkan peserta yang mampu mewakili Kabupaten Sumedang di tingkat berikutnya. Ia juga meminta para juri untuk memberikan penilaian yang adil dan terbaik bagi para siswa agar dapat melangkah ke tahap selanjutnya.


Pengawas Pendidikan Wilayah Kecamatan Cimanggung, Aang Giwangsa, dalam pembukaan acara FLS2N, menyatakan kebanggaannya terhadap keterlibatan siswa dalam pentas seni ini. Dia juga mengingatkan para guru pendamping untuk terus mendidik siswa menjadi manusia yang berkarakter dan berakhlak mulia, serta menanamkan kebiasaan baik pada mereka sejak dini.


Di antara lomba yang dipentaskan dalam FLS2N adalah nyanyi solo, cerita bergambar (cergam), seni tari kreasi, pantomim, dan kria (anyam). Para siswa ditantang untuk menampilkan kemampuan terbaik mereka dalam bidang seni yang dipilih.


Para peserta dan guru pendamping diharapkan dapat menjadikan acara ini sebagai ajang untuk menunjukkan kreativitas, bakat, serta prestasi yang telah mereka capai. Selain itu, FLS2N juga menjadi momen penting dalam memupuk semangat kompetisi sehat dan mempererat persaudaraan di antara siswa-siswi sekolah dasar di Kecamatan Cimanggung.


Semoga, kegiatan ini akan memberikan inspirasi dan motivasi bagi para generasi muda untuk terus berkembang dalam bidang seni dan prestasi. 


Berikut urutan para juara berdasarkan bidang lomba:


Menyanyi Solo:

SDS Plus Syania - Almira Azizah Rahma (553)


SDN Parakanmuncang I - Chendy Nurul Anza Ardiandi (528)


SDN Pasirhuni - Sharenna Maya Syahfira (527)


Cerita Bergambar:

SDN Sawahdadap II - Salsa Adiya Putri (630)


SDN Cipareuag - Khayla Khoerunisa (596,5)


SDN Cimanggung IV - Yoga Zuan Saputra (595)


Seni Tari:

SDN Parakanmuncang II - Khaisa Waliyu Iman, Devina Aulia, Agnia Nur Fadilah (275)


SDS Plus Syania - Qurrota Auffa Abdulrahman, Rayya Zahira, Nafisa Aqila Khulaidah (273)


SDN Cimanggung III - Depi Purwanti, Nur Wafa Hoerunisa, Ranti Nurlaela (259)


Pantomim:

SDS Plus Syania - Rais Al Hakim, Zulfa Alifatul Husna (1.091)


SDS Sawahdadap II - Raka Ramadhan Karim, Raida Zahira Fauziah (1.060)


SDN Cikahuripan - Jaya, Muhammad Dafa (1.042)


Kriya:

SDN Cimanggung IV - Nurri Medina Tri Khotimah (268)


SDN Parakanmuncang II - Muhamad Farih (250)


SDN Cilaku - Zahira Triyani (220). (red*)