Panwaslu Kecamatan Cimanggung Mengapresiasi Kinerja dalam Pengawasan Tahapan Pemilu 2024

kos

 



KBT NEWS ID CIMANGGUNG - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Cimanggung secara resmi menyampaikan hasil pengawasan tahapan Pemilu 2024 di wilayahnya.


Dalam rilis resmi yang disampaikan pada Senin, 29 Januari 2024, Panwaslu memberikan apresiasi terhadap upaya pengawasan yang dilakukan terhadap seluruh kegiatan kampanye peserta Pemilu, mulai dari Calon Presiden hingga Calon DPRD Kabupaten/Kota.


"Panwaslu Cimanggung menerapkan pendekatan preventif dengan fokus pada taat aturan kampanye,"terang Ketua Panwaslu Kecamatan Cimanggung Ketua, Ajang Tayudin.


Menurutnya pengawasan langsung dilakukan oleh 11 Pengawas Kelurahan Desa, bersama-sama Panwaslu Kecamatan. Upaya pencegahan melibatkan koordinasi intensif dengan tim kampanye, pengurus partai politik, dan masyarakat luas untuk memastikan aturan kampanye dipatuhi.


Ia menegaskan rapat koordinasi pengawasan kampanye menjadi langkah strategis, terutama terkait metode rapat umum, iklan media cetak, dan elektronik. Panwaslu menginstruksikan seluruh jajaran pengawas pemilu untuk melakukan pengawasan maksimal demi terwujudnya Pemilu yang jujur, adil, dan berkualitas.


Pengawasan tidak hanya terfokus pada tahapan kampanye, tetapi juga melibatkan aspek logistik. Distribusi logistik, khususnya pengesetan Kotak Suara, menjadi tahapan krusial. Panwaslu Cimanggung mencatat pengalaman dari Pemilu sebelumnya, di mana kesalahan penghitungan surat suara masih terjadi.


Ditambahkanya, dalam konteks ini, mereka menekankan kesiapan untuk melakukan pengawalan ekstra guna meminimalkan kesalahan yang mungkin terjadi.


Tahapan logistik juga mencakup sosialisasi potensi pelanggaran dengan ancaman pidana, seperti mencetak surat suara melebihi jumlah yang ditentukan.


"Panwaslu mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama mengawasi Pemilu 2024 dan menegakkan keadilan pemilu,"tambahnya.


Dengan semangat "Ayo, Awasi Bersama Pemilu Tahun 2024", Panwaslu Cimanggung mengajak rakyat untuk bersatu dalam menjaga integritas dan keabsahan hasil pemilu. (red*)