Kebakaran Melanda Dua Rumah di Tegalmanggung, Sumedang

kos


KBT NEWS ID CIMANGGUNG - Sebuah tragedi kebakaran melanda Dusun Cipanaruban Rt 04 Rw 07 Desa Tegalmanggung, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, menimpa dua unit rumah, masing-masing dimiliki oleh Ibu Mina dan Ibu Enas. Pada hari Minggu, 12 November 2023.

Kedua pemilik rumah yang juga ibu rumah tangga, harus menyaksikan rumahnya hancur akibat tungku api yang tidak sengaja ditinggalkan oleh Ibu Mina saat memasak.

Pada kejadian ini, saksi Euis, seorang wiraswasta berusia 49 tahun, memberikan keterangan bahwa kebakaran bermula dari tungku api yang tidak dipadamkan oleh Ibu Mina. Api dengan cepat merembet dan menghanguskan rumah panggung berukuran 5 m x 6 m milik Ibu Mina, kemudian membakar rumah permanen berukuran 6 m x 7 m milik Ibu Enas, yang saat itu tidak berada di rumah.

Kepala Desa Tegalmanggung, Cecep Ali Hasan, membenarkan kejadian tersebut. Ia menyampaikan kronologi kejadian yang mengakibatkan kerugian materiil sekitar Rp. 50.000.000,-, termasuk dua unit rumah, dua unit TV, dan alat rumah tangga. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Menyikapi kejadian ini, pemerintah desa bersama aparat keamanan dan Damkar segera merespons. Mereka melakukan lokalisir dan pengamanan area, berkoordinasi dengan warga setempat, serta berupaya memadamkan api.

"Pukul 18.30 WIB, upaya pemadaman berhasil dilakukan dengan peralatan seadanya. Damkar Tanjungsari dan Damkar Kahatex kemudian melanjutkan proses pendinginan untuk memastikan tidak ada titik api tersisa,"terangnya.

Pemerintah desa berkomitmen memberikan dukungan dan bantuan kepada korban untuk membantu mereka memulihkan kondisi pasca-kebakaran.

"Proses investigasi lebih lanjut juga akan dilakukan untuk mengetahui penyebab dan pencegahan kejadian serupa di masa mendatang,"tuturnya. (red*)