Pelantikan Marsdya TNI Kusworo sebagai Kabasarnas oleh Menhub Budi Karya Sumadi

kos

KBT NEWS ID JAKARTA - Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Ir. Budi Karya Sumadi, secara resmi melantik Marsdya TNI Kusworo sebagai Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kabasarnas) pada hari Rabu, 4 Oktober 2023. Upacara pelantikan berlangsung di Ruang Mataram Gedung Kementerian Perhubungan. Marsdya TNI Kusworo akan menggantikan Marsdya TNI Henri Alfiandi yang telah memasuki masa pensiun.

Dalam sambutannya, Menhub Budi Karya Sumadi menyampaikan harapannya bahwa Kabasarnas yang baru akan mampu melaksanakan tugas yang diamanahkan dengan baik. Beliau menggarisbawahi pentingnya respons cepat dalam operasi SAR (Search and Rescue). Menurut Menhub, Basarnas (Badan SAR Nasional) telah memiliki reputasi kinerja yang diakui baik di dalam maupun di luar negeri.


"Kami yakin bahwa Marsdya TNI Kusworo dapat menjawab tantangan kompleks yang akan dihadapi Basarnas ke depan,"harapnya.


Marsdya TNI Kusworo, yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Sesko TNI, menyatakan kesiapannya untuk melaksanakan tugas sebagai Kabasarnas. Ia menegaskan kesiapannya sebagai prajurit untuk memimpin Basarnas dalam melaksanakan tugas-tugas penting dalam penyelamatan dan pencarian.


Setelah pelantikan, Marsdya TNI Kusworo dan istrinya, Ika Handriani Kusworo, menuju Kantor Pusat Basarnas yang berlokasi di Jl. Angkasa Blok B15 Kav. 2-3, Kemayoran, Jakarta Pusat. Di sana, mereka mengikuti seremoni passing in, sebuah tradisi penyambutan pimpinan baru di lingkungan Basarnas. Marsdya TNI Kusworo menerima penghormatan dari personel Basarnas Special Group (BSG), dan ia juga disambut oleh Sekretaris Utama (Sestama) Abdul Haris Achadi bersama istri. Pada kesempatan tersebut, Sestama menyerahkan bendera pataka Basarnas dan mengalungkan untaian bunga kepada Kabasarnas dan istri. Istri Kabasarnas juga akan menduduki jabatan baru sebagai Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Basarnas.


Selanjutnya, Kabasarnas memasuki gedung Basarnas dan menerima ucapan selamat dari para Pimpinan Tinggi Madya, Pratama, serta para Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang hadir beserta istri. Sebagai bagian dari tahapan pelantikan, Kabasarnas melaksanakan entry briefing di Ruang Serba Guna Dono Indarto Gedung Basarnas bersama seluruh jajaran pegawai di Kantor Pusat Basarnas serta melalui sesi online kepada para pegawai UPT di seluruh Indonesia. Dalam pengarahannya, Kabasarnas menyampaikan visinya untuk meningkatkan efektivitas operasi pencarian dan pertolongan, serta menguatkan sistem penyelenggaraan SAR secara menyeluruh.


Visi Kabasarnas adalah mewujudkan penyelenggaraan pencarian dan pertolongan yang handal dan efektif, dengan tujuan menuju Indonesia maju, berdaulat, mandiri, dan berkepribadian yang berlandaskan semangat gotong royong.


Misi utamanya adalah menyelenggarakan operasi pencarian dan pertolongan yang efektif, terintegrasi, dan berstandar internasional, serta memperkuat sistem penyelenggaraan pencarian dan pertolongan melalui pemenuhan kebutuhan Sumber Daya Manusia, sarana prasarana, sistem komunikasi, pengintegrasian pencarian dan pertolongan, serta penguatan kelembagaan.


"Kami berharap dapat memimpin Basarnas ke arah yang lebih baik, dengan dukungan dari semua pihak untuk menjaga keselamatan dan keamanan masyarakat Indonesia,"tuturnya. (rd*)