Desa Haurngombong Raih Penghargaan Anubhawa Sasana Desa

kos

KBT NEWS ID SUMEDANG - Dinilai berhasil membina desa sadar hukum, Dadang S.Pd raih penghargaan anubhawa sasana desa/kelurahan dari Kemenkumham RI, pada tanggal 2 September 2023, Pemerintah Desa Haurngombong yang terletak di Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang, meraih penghargaan bergengsi dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. 

Penghargaan tersebut adalah Anubhawa Sasana Desa/Kelurahan Sadar Hukum, yang diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap upaya mereka dalam membangun kesadaran hukum di masyarakat.

Kepala Desa Haurngombong dengan bangga menerima penghargaan ini di Gedung Sate. Ia menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan yang mereka terima, sambil berharap bahwa prestasi ini dapat menjadi inspirasi bagi desa-desa lainya di Jawa Barat. 

"Dengan penghargaan ini, diharapkan Desa Haurngombong dapat menjadi contoh dalam menciptakan masyarakat yang lebih sadar hukum,"ucapnya.

Keputusan pemberian penghargaan ini tidak sembarangan, melainkan ditandatangani oleh Menteri Hukum dan HAM. Penghargaan ini secara langsung diterima oleh Kepala Desa Haurngombong, yaitu Dadang S.Pd. 

"Langkah ini menunjukkan pengakuan dari pemerintah pusat terhadap kontribusi positif yang telah diberikan oleh desa ini dalam upaya memasyarakatkan pengetahuan hukum,"tambahnya.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, memiliki kehormatan untuk menyerahkan penghargaan tersebut kepada Desa Haurngombong. Peristiwa ini menjadi bagian dari acara Peresmian Desa/Kelurahan Sadar Hukum dan Pemberian Penghargaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH). Acara ini diselenggarakan di Aula Barat Gedung Sate, Bandung, dan menjadi wadah penting untuk menghargai upaya yang telah dilakukan oleh pemerintah desa dalam meningkatkan kesadaran hukum di tingkat lokal.

Tidak hanya Gubernur Jawa Barat yang hadir pada acara tersebut, namun juga Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat serta Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Barat beserta stafnya. Seluruh Bupati dan Walikota se-Jawa Barat. Di samping itu, Plt. Bupati Bogor, Kepala Bagian Hukum dan Kerjasama Daerah Sekretariat Daerah, bersama para kepala desa yang meraih penghargaan, turut hadir untuk memberikan dukungan dan apresiasi atas pencapaian tersebut.

Penghargaan Anubhawa Sasana Desa/Kelurahan Sadar Hukum yang diraih oleh Desa Haurngombong adalah bukti konkret bahwa upaya untuk membangun kesadaran hukum di masyarakat dapat mendapatkan pengakuan yang sangat bernilai. Semoga prestasi ini menjadi motivasi bagi desa-desa lainnya untuk terus berkomitmen dalam mewujudkan masyarakat yang lebih sadar hukum, demi terciptanya tatanan hukum yang lebih baik di tingkat lokal maupun nasional. (rd*)

Tags