Layanan Sertifikat Tanah Kilat

kos

KBT NEWS Rancaekek - Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bandung telah mengadakan program One Day Service di Kelurahan Rancaekek Kencana untuk memudahkan masyarakat dalam pengurusan administrasi sertifikat pertanahan. Kegiatan ini diselenggarakan di gedung serbaguna kelurahan tersebut pada Rabu, 9 Agustus 2023.

Rudi Rubijaya, Kepala Kantor Wilayah ATR/BPN Jawa Barat, menjelaskan bahwa program ini bertujuan untuk mendekatkan dan memberikan kemudahan dalam pelayanan kepada masyarakat. 

"Program ini mencakup pengurusan administrasi sertifikat pertanahan dan informasi layanan pertanahan, termasuk perubahan Hak Guna Bangun (HGB) ke hak milik dan balik nama,"terangnya.

Sandi, Lurah Rancaekek Kencana, menyambut antusias program ini dan berterima kasih kepada BPN Kabupaten Bandung atas layanan jemput bola dalam pengurusan sertifikat tanah. 

"Data menunjukkan bahwa sekitar 3500 lahan/tanah di kelurahan tersebut belum memiliki sertifikat hak milik,"terangnya.

Sebanyak 255 peserta telah mendaftar untuk program ini, dengan target pelayanan 50 sertifikat dalam waktu 3 jam. Jika tidak dapat diselesaikan pada hari yang sama, layanan akan dilanjutkan pada hari Sabtu dan Minggu berikutnya.

Camat Rancaekek, Ir. H. Diar Hadi Gusdinar M.Si, berharap layanan ini akan bermanfaat bagi warga Rancaekek dalam pengurusan surat hak milik tanah. 

"Program One Day Service ini diharapkan dapat mengurangi kesulitan dalam administrasi pertanahan bagi masyarakat setempat,"paparnya. (***)