Rektor IPDN Minta Kader Pemerintahan Siap Hadapi Teknologi Informasi

kos

 



KBT NEWS ID JATINANGOR - Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri, Prof. Dr. Drs. H. Hadi Prabowo., M.M, kembali menegaskan kepada seluruh kader pemerintahan akan kebutuhan untuk selalu siap menghadapi perkembangan teknologi informasi yang terus berkembang. Pernyataan ini didasarkan pada fakta bahwa transformasi pemerintahan digital merupakan keharusan dalam menghadapi dinamika pemerintahan di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0.


Menurut Prof. Hadi, transformasi pemerintahan digital bukan lagi pilihan, melainkan sebuah kebutuhan global. Oleh karena itu, pemerintahan di seluruh dunia harus dapat mengadopsi sistem baru yang dihasilkan oleh perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat.


Dalam rangka menghadapi tantangan ini, Prof. Hadi menekankan perlunya pembentukan lembaga pemerintahan digital beserta sumber daya manusia yang kompeten untuk menghadapi perubahan yang terjadi. Selain itu, diperlukan pula pembangunan pusat-pusat keahlian serta perencanaan grand design transformasi pemerintahan digital nasional serta dukungan anggaran yang memadai.


Hal ini disampaikan Prof. Hadi saat memberikan orasi ilmiah dalam perayaan Dies Natalis IPDN Ke-68 dengan tema "Pengembangan Kompetensi Kader Pemerintahan di Era Digitalisasi Guna Memperkuat Daya Saing serta Memantapkan Persatuan dan Kesatuan".


Dalam orasinya, Prof. Hadi juga menyoroti pentingnya kompetensi kader pemerintahan yang handal dan adaptif dalam menghadapi era digital. Menurutnya, kader pemerintahan harus mampu memberikan respons cepat dan relevan terhadap kebutuhan masyarakat.


Selain itu, Prof. Hadi juga menyampaikan beberapa strategi peningkatan peran kader pemerintahan dalam era digital, seperti transformasi infrastruktur digital, pemerataan ASN, integrasi aplikasi, kepemimpinan digital, dan pengembangan kolaborasi.


Ucapan selamat Dies Natalis IPDN juga disampaikan oleh Wakil Presiden RI, yang menekankan pentingnya institusi seperti IPDN dalam melahirkan pelayan masyarakat yang handal dan berintegritas.


Selaras dengan itu, Mendagri yang diwakili oleh Inspektur Jenderal Kemendagri, berharap IPDN dapat memantapkan diri sebagai lembaga pendidikan yang berperan sebagai pusat keunggulan dalam bidang pemerintahan.


Apresiasi tinggi juga diberikan Mendagri kepada kepemimpinan Prof. Hadi Prabowo, yang telah memimpin IPDN dalam upaya menuju arah universitas kelas dunia. Mendagri juga mendorong praja IPDN untuk menjadi ASN yang berintegritas dan bertanggung jawab.


Acara puncak Dies Natalis IPDN tahun ini juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, termasuk pemberian penghargaan kepada purna bhakti, dosen, pegawai teladan, serta penyerahan hibah dan hadiah kepada pemenang lomba. Sumber :

(Kepala Bagian Hubungan Masyarakat

La Ode Muhamad Alam Jaya, S.Stp., M.Si)