Bansos Pasca Bencana Disalurkan di Kabupaten Bandung oleh Ikatan Adhiyaksa Dharmakarini Wilayah Jawa Barat

kos

 



KBT NEWS ID BANDUNG - Ikatan Adhiyaksa Dharmakarini Jawa Barat bersama dengan Ikatan Adhiyaksa Dharmakarini se-Wilayah Jawa Barat telah meluncurkan inisiatif kemanusiaan dengan menyediakan bantuan sosial bagi warga terdampak bencana alam di Kabupaten Bandung. Dalam upaya tersebut, sebanyak 1000 paket bantuan sosial telah disalurkan kepada masyarakat yang terkena musibah.


Menurut Beny Sunjaya, S.E., yang bertanggung jawab dalam bidang kedaruratan dan logistik, bantuan tersebut merupakan hasil kerjasama antara Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, Ikatan Adhiyaksa Dharmakarini, dan Ikatan Adhiyaksa Dharmakarini Se-Jawa Barat. Tujuan dari bantuan tersebut adalah untuk membantu meringankan beban para korban bencana alam, seperti puting beliung dan banjir, yang terjadi beberapa waktu lalu.


Pendistribusian bantuan sosial dilakukan bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung. Beny Sunjaya menjelaskan bahwa bantuan tersebut berupa paket sembako yang tersebar di delapan kecamatan, yaitu Cicalengka, Majalaya, Ciparay, Dayeuh Kolot, Cilenyi, Baleendah, Cileunyi, dan Rancaekek.


Di wilayah Kecamatan Rancaekek, bantuan disalurkan kepada dua desa, yaitu Desa Jelegong dan Nanjung Mekar. Setiap desa menerima 66 dan 370 paket sembako secara berturut-turut. Penyerahan bantuan dilakukan oleh Bupati Bandung dan perwakilan dari Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, serta dihadiri oleh Camat Rancaekek dan para kepala desa.


Selain bantuan dari Kejati Jabar, DPMD Kabupaten Bandung juga telah menyediakan bantuan bagi warga terdampak bencana sebelumnya. Bantuan tersebut meliputi sembako, alat kebersihan, dan alat tidur, yang telah disalurkan di beberapa wilayah, termasuk Kecamatan Rancaekek.


Kepala Desa Nanjung Mekar, Kiki Somantri, S.E., mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan instansi terkait, serta Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, atas kepedulian dan bantuan yang telah diberikan kepada warga terdampak bencana alam. Dia menyatakan rasa syukurnya karena bantuan tersebut dapat membantu kebutuhan sehari-hari warga Nanjung Mekar.


Kepala Desa Jelegong, Anen Rumdani, juga menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan yang diterima. Dia berharap bantuan sembako tersebut dapat bermanfaat dan membantu mengurangi beban kebutuhan bagi warga yang terkena dampak bencana angin puting beliung.


Sementara itu, masyarakat di wilayah yang terdampak angin puting beliung mencapai 480 unit rumah, termasuk 12 unit rumah yang mengalami kerusakan parah. Diharapkan bantuan ini dapat membantu meringankan beban mereka dalam menghadapi masa pemulihan pasca-bencana.


Dengan adanya kerjasama antara pemerintah daerah, instansi terkait, dan organisasi masyarakat seperti Ikatan Adhiyaksa Dharmakarini, diharapkan proses pemulihan dan rehabilitasi pasca-bencana di Kabupaten Bandung dapat berjalan dengan lebih lancar dan efektif. (red*)