Bawaslu Sumedang Berkolaborasi dengan Dinkes Selama Rekapitulasi Suara

kos

 





KBT NEWS ID SUMEDANG - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumedang, Ade Adrianta Sinulingga, menegaskan pentingnya kolaborasi antara Bawaslu dan Dinas Kesehatan (Dinkes) dalam menjaga kelancaran rekapitulasi hasil perolehan suara di tingkat kecamatan. Hal ini disampaikannya saat hadir dalam rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perolehan suara di Kecamatan Cimanggung, Sumedang, dalam rangka pemilu tahun 2024.


Ade menyampaikan bahwa pantauan mereka terhadap proses rekapitulasi hasil perolehan suara di setiap kecamatan di Kabupaten Sumedang telah berjalan dengan lancar.


"Ini tidak terlepas dari kerja sama yang baik antara jajaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), yang telah bekerja secara kooperatif,"kata Ade.


Menyadari pentingnya kesejahteraan dan kesehatan para petugas yang terlibat dalam proses tersebut, Ade mengungkapkan bahwa Bawaslu Sumedang telah bekerja sama dengan Dinkes untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada para petugas.


"Langkah ini diambil guna memastikan bahwa para petugas yang terlibat dalam rekapitulasi perhitungan perolehan suara tetap dalam kondisi yang baik dan dapat menjalankan tugasnya dengan optimal,"tuturnya.


Kolaborasi antara Bawaslu dan Dinkes dalam menyediakan layanan kesehatan bagi petugas rekapitulasi suara merupakan langkah yang sangat tepat, terutama mengingat kondisi pandemi yang masih berlangsung. Upaya ini juga menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam menjaga kesejahteraan dan keselamatan para petugas yang terlibat dalam proses demokrasi.


Selain itu, kerja sama ini juga mencerminkan pentingnya sinergi antara berbagai lembaga pemerintah dalam menjalankan tugasnya. Dengan adanya koordinasi yang baik antara Bawaslu, Dinkes, serta instansi terkait lainnya, diharapkan proses rekapitulasi hasil perolehan suara dapat berjalan dengan lancar dan transparan, sehingga masyarakat dapat mempercayai integritas dan keabsahan hasil pemilu.


Langkah proaktif contoh nyata komitmen dalam menjaga integritas dan keamanan proses demokrasi. Melalui kolaborasi yang baik dengan berbagai pihak, diharapkan pemilu di Sumedang dapat berlangsung dengan lancar dan adil, serta memberikan hasil yang dapat dipercaya oleh seluruh masyarakat. Dengan demikian, kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pemilihan umum dan proses demokrasi dapat semakin ditingkatkan. (red*)