Kependudukan Digital KTP Elektronik atau KTP-el Hadir Di PT Garudafood

kos


KBT NEWS ID CIMANGGUNG-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung dan Sumedang mensosialisasikan digitalisasi KTP elektronik menggunakan Aplikasi Identitas Kependudukan Digital di PT Garudafood.

Sosialisasi diikuti oleh ratusan karyawan perusahaan tersebut dengan target dari 1800 karyawan di hari pertama terdaftar aplikasi 900 orang di hari kedua ini.

"Semua karyawan harapanya sudah ber KTP digital agar memudahkan proses administrasi karyawan,"kata HRD PT Garudafood Putra Putri Jaya, Tbk, Fitra.

Sementara itu Gunawan petugas Disdukcapil Kabupaten Sumedang mengatakan bahwa Identitas Kependudukan Digital merupakan pemindahan dari KTP Elektronik atau KTP-el.

"Kami terus mensosialisasikan aplikasi ini untuk mengejar target  dari jumlah penduduk yang telah melakukan perekaman e-KTP," terangnya.

Aplikasi Identitas Kependudukan Digital merupakan amanat dari Peraturan Menteri Dalam Negeri No 72 tahun 2022.

Sebab, Gunawan bilang, pada tahun ini penduduk se-Kabupaten Sumedang yang sudah melakukan perekaman e-KTP harus sudah melakukan digitalisasi.

Ia memastikan aplikasi tersebut untuk mentransformasikan bentuk fisik e-KTP ke digital sehingga seluruh dokumen bisa langsung terkoneksi ke email.

"Dengan Aplikasi Identitas Kependudukan Digital masyarakat dapat lebih mudah mengakses dokumen kependudukan, jaminan kesehatan, NPWP dan sebagainya," sambungnya

Selain itu, kemudahan yang didapat melalui Aplikasi Identitas Kependudukan Digital, masyarakat lebih mudah dalam mengurus dokumen tanpa harus membawa bentuk fisiknya.

"Bagi masyarakat yang ingin melakukan transformasi digital datang langsung ke Kantor Disdukcapil Kabupaten/kota," tandasnya.

Meskipun ada pemindahan dari KTP Elektronik atau e-KTP melalui Aplikasi Identitas Kependudukan Digital, namun hal tersebut tidak menghilangkan fungsi e-KTP dalam bentuk fisik.

Proses pelayanan yang membutuhkan dokumen KTP akan sangat terbantu dengan hadirnya KTP Digital. Melalui sosialisasi ini, diharapkan pelayanan di tiap instansi menjadi lebih mudah, cepat dan data terjamin keasliannya. (red*)