Usia Kepala Lima: Membuka Usaha Sampingan sebagai Alternatif

kos



KBT NEWS ID - Ada yang masih bekerja demi menyambung hidup, dan ada juga yang mungkin sudah pensiun. Seperti itulah kenyataan hidup di usia kepala lima. Baik bekerja atau stop bekerja sama-sama tidak ada yang salah, karena setiap orang memiliki beban finansial yang berbeda-beda. Namun apa jadinya jika mereka berniat membuka usaha sampingan?

Pendapatan dari bisnis tersebut tentu bisa dialokasikan untuk membiayai kebutuhan hidup atau pengeluaran yang ditujukan untuk membahagiakan keluarga, seperti traveling, belanja, dan lain sebagainya. Namun ingat baik-baik, usia kepala lima memang sudah dikatakan tidak lagi muda. Anda tentu harus mempertimbangkan segala risiko bisnis yang mungkin muncul dan bisa berdampak pada keuangan Anda.

Bila Anda tertarik membuka usaha di usia kepala lima, maka lima ide usaha ini mungkin bisa Anda pilih.

Penyewaan Aset: Penyewaan aset sejatinya bisa berupa sewa kendaraan bermotor, sewa rumah, penginapan, sound system, peralatan pesta, atau aset guna lainnya. Bisnis ini cocok bagi pensiunan lantaran sifatnya yang tidak menguras banyak tenaga dan pikiran. Bisnis ini pas untuk mereka yang memiliki sejumlah aset guna yang jarang dipakai. Namun tidak menutup juga pada pensiunan yang ingin membeli aset-aset ini dengan tujuan untuk disewakan.


Waralaba Makanan, Minuman, Minimarket, dan Lainnya: Membeli waralaba atau franchise, dan menjalankan bisnisnya langsung bisa menjadi alternatif. Bisnis waralaba adalah salah satu model bisnis yang berjalan antara pemilik merek dan pemodal. Pemodal tentu akan membeli waralaba, dan pemilik merek akan memberikan hak untuk menjalankan usaha ke pemodal.


Toko: Buka toko kelontong yang menjual kebutuhan pokok sehari-hari bisa menjadi ide bagus. Usaha ini bisa dimulai di rumah sendiri tanpa keluar uang sewa bangunan. Anda pun bisa mengalokasikan modal yang Anda miliki untuk membeli peralatan yang bagus.


Bengkel: Bengkel tentunya juga merupakan usaha yang cukup menguntungkan. Anda juga bisa membuka bengkel cuci kendaraan dengan bermodal kompresor, peralatan cuci mobil, dan lain sebagainya. Usaha ini juga bisa digarap di rumah, asalkan Anda memiliki garasi yang cukup mumpuni untuk memarkir kendaraan para pelanggan.


Bisnis di Hal yang Anda Sukai: Tak ada yang lebih menyenangkan di masa tua selain menekuni apa yang kita sukai. Bisnis yang Anda nikmati dapat membuat Anda lebih bahagia dan sehat selama masa tua. Kesempatan melakukan hal itu mungkin saja tidak terwujud di saat muda lantaran kesibukan kita yang luar biasa.


Membuka usaha sampingan di usia kepala lima bisa menjadi langkah bijak asal Anda mempertimbangkan dengan matang dan siap menghadapi risikonya.