RSUD Dr. Slamet Garut Terbakar, Ratusan Pasien Dievakuas

kos

KBTNEWS ID GARUT- Pukul 12.15 WIB siang ini, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Slamet Garut yang berlokasi di Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat, mengalami musibah kebakaran.

Kejadian ini memaksa ratusan keluarga pasien untuk memindahkan kerabat mereka ke lokasi yang lebih aman, dalam situasi yang penuh ketegangan. Bahkan, beberapa pasien yang masih terhubung dengan infus harus dievakuasi dengan cepat.

Berdasarkan informasi yang dietrima KBT NEWSID, kebakaran terjadi di ruang logistik yang berada di tengah kompleks RSUD dr. Slamet Garut, dekat dengan Kantor Polsek dan Kantor Kecamatan Tarogong Kidul. 1 Oktober 2023.

Sampai saat ini, penyebab pasti kebakaran belum dapat diidentifikasi, karena proses penyelidikan masih dalam tahap pelaksanaan oleh pihak Polres Garut.

Willy, Wakil Direktur Pelayanan RSUD dr. Slamet Garut, menjelaskan bahwa ruang logistik yang terbakar adalah yang berdekatan dengan beberapa ruangan pasien.

Sebanyak lebih dari 100 pasien terpaksa harus dipindahkan ke lokasi yang lebih aman, seperti Ruang Mawar, Instalasi Gawat Darurat (IGD), dan Masjid. Namun, kabar baiknya adalah petugas pemadam kebakaran berhasil memadamkan api sekitar pukul 14.00 WIB.

"Para pasien yang telah dievakuasi ke ruangan lain dipastikan dalam keadaan aman,"terangnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Aah Anwar Saefulloh, menyatakan bahwa petugas pemadam kebakaran berhasil memadamkan api sekitar pukul 14.20.

"Mereka saat kebakaran berupaya melakukan pendinginan di ruang logistik setelah api menghanguskan seluruh ruangan di lokasi tersebut,"tuturnya.

Dalam peristiwa ini, alhamdulillah, tidak ada korban jiwa yang dilaporkan. Saat api berkobar, keluarga pasien segera bertindak cepat membawa anggota keluarganya ke tempat yang lebih aman, menghindari tragedi yang lebih besar. (rd*)