Banjir Ancam Warga Cimanggung: Kabel Listrik dan Saluran Air Sempit Jadi Penyebab Utama

kos

KBT NEWS ID CIMANGGUNG - Warga Kecamatan Cimanggung Sumedang saat ini menghadapi ancaman serius dengan datangnya musim hujan. Banjir yang menjadi momok menakutkan selalu menghantui sebagian besar warga di wilayah ini, yang selalu tergenang saat hujan deras mengguyur. Banyak faktor yang berkontribusi terhadap masalah banjir ini, dan setiap tahunnya, penanganan banjir selalu meninggalkan sejumlah persoalan yang belum terpecahkan.


Salah satu masalah utama adalah saluran air yang sempit dan sering terhambat oleh sampah-sampah yang menumpuk. Ketua RW 04, Tedy, bersama dengan Ketua BPD Desa Sindangpakuon, Yanto, menjelaskan bahwa got-got yang ada di wilayah mereka sering menjadi penyebab banjir salah satunya gorong-gorong yang ada di pertigaan Manabaya arah Sindulang. Selain itu, kabel-kabel listrik yang terletak di sekitar gorong-gorong juga turut berkontribusi pada masalah ini.


"Malah kabel listriknya besar-besar lagi, pak,"ucap Tedy.


Menurunya, kabel-kabel ini tidak hanya mengganggu aliran air, tetapi juga menjadi tempat sampah menumpuk. Dampaknya adalah tidak hanya banjir yang meresahkan warga, tetapi juga bau busuk yang muncul akibat penumpukan sampah dalam saluran air.


Seorang warga yang turut serta dalam kegiatan pembersihan gorong-gorong juga mengungkapkan bahwa selain saluran air yang sempit, kabel-kabel di gorong-gorong juga menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan banjir di sekitarnya. 


Permasalahan ini telah lama menjadi pekerjaan rumah bagi 
warga setempat, yang terus mencari solusi untuk mengatasi banjir yang kian menghantui.


Masalah kabel-kabel listrik yang mengganggu saluran air juga mengundang pertanyaan terkait perencanaan dan pengawasan pembangunan infrastruktur. 


Hal ini menyoroti pentingnya peran pemerintah dalam memastikan kualitas infrastruktur yang memadai dan pemeliharaan yang rutin untuk menghindari bencana banjir yang merusak.


Sementara warga berjuang untuk membersihkan gorong-gorong dan mengatasi masalah ini dengan upaya sukarela, mereka berharap agar pemerintah setempat juga turut serta dalam menyelesaikan permasalahan ini. Banjir bukan hanya masalah sementara, tetapi juga dampak jangka panjang yang dapat merusak harta benda dan kehidupan warga. 


"Perlu upaya bersama untuk menemukan solusi yang berkelanjutan dan mencegah banjir menjadi momok setiap musim hujan di Cimanggung,"paparnya. (red*)