Lima Kandidat Calon Kepala Desa Rancaekek Kulon Telah di Tetapkan Oleh P2KD

kos

KBT News Id BANDUNG - Setelah proses tahapan penjaringan Bakal Calon Kepala Desa Rancaekek kulon dipilkades serentak tahun 2023. Sebagai mana peraturan pemerintah Kabupaten Bandung nomor 79 tahun 2023, tentang pemilihan dan pemberhentian kelapa desa di Kabupaten Bandung.

Pemungutan nomor urut tang di saksikan oleh Muspika Rancaekek bersama BPD, Panwas,dan para undangan para pengurus ketua RT dan RW serta tokoh masyarakat Rancaekek Kulon.


Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) Rancaekek, Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung, akhirnya menetapkan 5 calon Kepala Desa Rancaekek Kulon yang berhak dipilih di Aula kantor Desa Rancaekek kulon Senin (25/09/2023).

Selain penetapan nomor urut para ke lima calon kepala desa, dilaksanakan juga pembacaan surat deklarasi damai dengan para calon kades dan disertai penandatangani surat  kesepakatan deklarasi damai oleh semua calaon.

Menurut Ketua P2KD Rancaekek Kulon Ayi Jamaludin, pada hari ini P2KD Rancaekek Kulon telah menetapkan dari Bakal calon menjadi calon yang berhak dipilih.

“Adapun 5 calon yang berhak untuk dipilih yakni saudara 1.Helmi Yuzak , 2. Dulyadaeni, 3. Yuyung Indar Cahya, 4. Jefi Cuptandar Soleh, 5. Acep Apid.

Setelah penetapan Sambung Ayi, dilanjutkan dengan pengundian nomor urut peserta calon kepala desa dari Satu sampai Lima, Alhamdulillah berjalan lancar tampa ada halangan apapun.

“Sementara hasil dari pengundian jelas Setia, Nomor urut .1.Helmi Yuzak , 2. Dulyadaeni, 3. Yuyung Indar Cahya, 4. Jepi Cuptandar Soleh, 5. Acep Apid, “jelasnya.

Ketua P2KD Rancaekek Kulon berharap, 5 calon ini menjadikan satu persaingan dalam kontestasi pilkades yang harus bisa menampilkan situasi di desa Rancaekek Kulon yang kondusif.

“Dikedepankan demokrasi yang harmonis, tunjukan kepada publik bahwa mereka bersaing secara sehat . Jika bersaing tidak sehat, pasti akan ada adu argumen , mendingan mengadu gagasan apakah gagasan itu bermanfaat bagi dirinya atau masyarakat, itu tergantung pada penilaian publik.

“Maka kemajuan desa Rancaekek Kulon kedepan, ada di pundak 5 calon yang akan menentukan bahwa Desa Rancaekek Kulon bisa berubah ke arah yang lebih baik, ” pungkasnya.**

Camat Rancaekek Diar Hadi Gusdinar menyampaikan, Pesta demokrasi ini sudah menjadi agenda dan serta disiapkan oleh Bupati Bandung dan semua pihak dari intasi, untuk mendampingi pelaksanaan demokrasi, hal tersebut dalam mengantisifasi keadaan dan kondisi apapun, 

Makadari itu oleh pihak pimpinan, sudah dipersiapkan segalanya dalam penyelengaraan demokrasi itu,  oleh karena itu saya memohon dalam pelaksanaan demokrasi ini kita harus saling menjaga ke adaan setuasi diwilayah, jangan sampai terjadi kembali yang mana di Desa Rancaekek Kulon ini sudah punya pengalaman kebelakang.Dan saya ucapkan terima kasih kepada P2KD yang telah melaksanakan tahapan demi tahapan dari awal hingga sekarang penetapen nomor urut bagi para calon kades telah dilaksanakan. Ucapnya

Dia menambahkan, pelaksanaan pilkades di kecamatan Rancaekek ini bukan saja disini tetapi ada dua desa lain yang sama akan  melaksanakan pilkades di bulan oktober akan datang ditahun ini 2023, yaitu Desa Nanjung Mekar dan Bojong salam. Terangnya

"Dan juga dalam pelaksanaan pilkades ini akan di pantau juga oleh Bupati Bandung, karena di Kabupaten Bandung ini ada 21 desa yang akan melaksanakan pilkades", tambahnya

Dan saya berharap kepada semua calon kades, dalam hali ini kita hatus disertai dengan niat Lillahi taala, dan bisa nenjaga nama baik Desa Rancaekek kulon, dan begitu juga kami berharap kepada semua pengurus RT/RW dapat menjaga setuasi dapat menjadi kodisifitas yang aman dan baik.

Dan juga dalam melaksanakan kompanye nanti harus mengacu kepada peraturan yang berlaku, yaitu harus menjaga dari hal yang akan menimbulkan konflik atau pelanggaran yang dapat mengganggu kodisifitas lingkungan. Pungkas Diar.

Senada dengan yang disampaikan oleh Kompol Deny Sunjaya, S.H.M.H, saya selaku Kapolsek Rancaekek Polresta Bandung yang baru di tugaskan di Polsek Rancaekek berharap berharap nanti dalam pelaksanaan Pilkades nanti dapat berjalan lancar dan aman, lancar. Dan juga menghimbau kepada para calon agar senantiasa mengikuti aturan-aturan yang telah ditentukan, pilkades ini suatu merupakan Demokrasi, pilkades ini salah satu bentuk demokrasi Pancasila. Dan semua tim para calon harus menganut kepada azas azas pancasila, adapun ada sedikit perselisihan harus dilakukan permusyawarahan secara mupakat. 

Bahkan lanjut Kompol Deny, dengan hadirnya para tim sukses dari semua calon, ini membuktikan kekompakan serta kebersamaan anatara semua calon kades di Rancaekek Kulon.

"Dan pihak kami dari kepolisian sudah menyiapkan personil untuk pengamanan dalam pilkades nanti"

Selain bantuan pengamanan dari pihak Kepolisian, kita harus bersama-sama menjaga dan mengingatkan kepada seluruh warga masyarakat, untuk tetap menjaga kondusifitas lingkungan yang aman, "Kita ini dulur salembur baraya sarerea" Pungkasnya. (red*)

Tags